Another Templates

Ahlan wa sahlan.... selamat datang di jendela motivasi dan inspirasi semoga bermanfaat

Rabu, 02 Februari 2011

kenali penyakit darahmu

Tidak ada makhluk hidup yang tidak memiliki sel darah yaitu cairan yang terdapat pada semua makhluk hidup, tak terkecuali tumbuhan.
Darah sangat dibutuhkan di dalam tubuh manusia, karena sangat berfungsi dalam mengirimkan zat-zat penting dan oksigen yang sangat dibutuhkan oleh jaringan tubuh.
Selain itu fungsi darah adalah mengangkut bahan-bahan kimia hasil metabolisme dalam tubuh. Darah juga berfungsi sebagai pertahanan tubuh terhadap virus dan bakteri yang menyerang tubuh. Fungsi kerja darah manusia juga terdapat pada hewan.
Perlu diketahui, warna darah pada manusia adalah berwarna merah, jika darah tersebut kaya akan oksigen maka warnanya akan merah terang, sebaliknya, jika kekurangan oksigen maka warnanya akan merah tua.
Tapi tahukah Anda, ternyata darah juga dapat menimbulkan penyakit yang cukup serius. Apa saja penyakit yang timbul dari setetes darah yang Anda punya, berikut rangkumannya:
  1. Hemofilia
  2. Penyakit darah ini disebabkan karena kelainan genetic. Yang paling fatal penyakit ini dapat menyebabkan gagalnya dalam pembekuan darah. (biasanya luka dapat ditutupi dengan darah yang membeku, tapi penyakit ini darah tidak dapat membeku), akibatnya, luka sekecil apapun dapat membahayakan nyawa manusia. Karena dari darah yang tak membeku tersebut, kuman dapat masuk ke dalam. Hemophilia biasanya bersifat turunan. Dengan kata lain, ada genetic yang menularkannya, entah dari ayah atau dari ibu. Tapi biasanya faktor paling besar adalah dari ibu. Dan penyakit ini hampir selalu menyerang anak laki-laki dibanding anak perempuan. Akibat dari tidak dapatnya membeku sel darah akibat luka, penderita penyakit ini harus menghindari keadaan yang bisa menimbulkan pendarahan hebat. Seperti mencabut gigi, jatuh terluka pada sebagian anggota tubuhnya dan lain-lain.
  3. Leukemia
  4. Leukemia adalah penyakit kanker darah. Pada penyakit ini sel darah putih dibentuk lebih banyak daripada sel darah merah. Penyakit ini dikhawatirkan dapat mengiritasi selaput otak, menyebabkan meningitis, dapat pula menyebabkan anemia, gagal hati, dan organ lainnya.
  5. Anemia
  6. Lebih dikenal dengan kata lain kekurangan darah alias jumlah sel darah merah atau jumlah hemoglobin alias protein yang membawa oksigen dalam sel darah merah berada dibawah normal. Sehingga darah tidak dapat mengangkut oksigen dalam jumlah yang sesuai yang dibutuhkan oleh tubuh. Penyebab anemia adalah terjadinya pendarahan hebat yang mengakibatkan Anda jadi lemas, seperti kecelakaan, persalinan, haid, operasi, penyakit-penyakit seperti wasir, kanker pada saluran pencernaan. Selain daripada itu kekurangan zat besi, vitamin B12, asam folat, vitamin c, juga dapat menyebabkan Anda terkena anemia.
  7. Thalassemia
  8. Sama seperti Hemofilia, Thalassemia juga penyakit turunan yang disebabkan dari akibat ketidakseimbangan dalam pembuatan salah satu dari keempat rantai asam amino yang membentuk hemoglobin. Penyakit Thalassemia memerlukan transfusi darah yang sangat rutin dan tambahan asam folat. Jika penyakit ini sudah sangat berat, mungkin diperlukan pencangkokan tulang. Thalassemia biasanya dapat menyerang anak-anak, mereka yang menderita penyakit ini akan tumbuh lebih lambat dan mencapai masa dewasa yang lebih lambat dibandingkan dengan anak yang normal lainnya.
  9. Trombositopenia
  10. Penyakit ini adalah akibat berkurangnya trombosit. Penyebab utamanya adalah ketika tubuh menghasilkan antibody yang dapat menyerang trombsoitnya sendiri.
  11. HIV
  12. Merupakan penyakit yang sangat berbahaya akibat seringnya berganti-ganti pasangan atau seks oral. Selain itu bisa disebabkan juga oleh jarum suntik yang tidak disterilisasikan terlebih dahulu. Penyakit ini belum ditemukan obatnya.
Di satu sisi, darah adalah sumber kehidupan untuk makhluk hidup, tapi di sisi lainnya ternyata darah juga sebagai pembawa penyakit. Untuk terhindar dari berbagai penyakit yang dibawa oleh darah, mulai dari sekarang cobalah Anda biasakan pola hidup sehat dan mengkonsumsi makanan yang sesuai dan dibutuhkan oleh tubuh.