Another Templates

Ahlan wa sahlan.... selamat datang di jendela motivasi dan inspirasi semoga bermanfaat

Jumat, 11 Februari 2011

sehat untuk hidup berkualitas

Hidup sehat adalah dambaan setiap orang. Semua orang ingin hidup sehat adalah hal wajar. Agar kita bisa hidup sehat tidak ada salahnya kita mengetahui tips tips sehat.
Tips tips hidup sehat sangat perlu kita ketahui sebagai salah satu cara menuju kualitas hidup. Hidup akan menjadi berkualitas bila kita merasakan kesehatan jasmani dan rokhani secara komprehensip.

Tips Tips Sehat Menjaga Kesehatan

Kualitas kesehatan kita tidak terjadi begitu saja, namun diperlukan suatu usaha dan kemauan untuk memiliki badan sehat dan bugar. Kualitas kesehatan kita akan sangat dipengaruhi oleh perilaku dan gaya hidup kita.
Hidup sehat adalah pilihan yang bisa direncanakan dengan pelaksanaan yang terus menerus. Beberapa tips tips sehat untukmeningkatkan kualitas hidup ada beberapa hal. Berikut uraiannya.

Perilaku Hidup Sehat

Tips pertama adalah berperilaku hidup sehat dengan menjaga makanan dan pola makan, berolah raga secara teratur, berperilaku positif, berpikiran positif dan berperilaku hidup sesuai tuntunan agama kita masing-masing.

Menjaga Makanan dan Pola Makan

Hidup di jaman modern ini kita hurus pintar memilih makanan sehat. Makanan sehat pada prinsipnya  sesuai  tips sehat adalah makanan yang mengandung zat-zat yang dibutuhkan tubuh kita secara seimbang.
Terpenuhi nutrisinya dan alami serta tidak mengandung zat pengawet. Saat ini banyak beredar  makanan enak dan lezat namun tidak sehat. Pilihan bijaksana jika kita mampu memilih makanan organik. Mengkonsumsi sayur, buah,ikan, daging,maupun kacang dan umbi-umbian secara seimbang dan proporsional.
Kebutuhan akan air dalam tubuh juga tinggi sehingga mengkonsumsi air putih yang bersih dan higienis dalam jumlah cukup sangat dianjurkan. Menghindari minuman beralkohol,bersoda,cafein sangat dianjurkan. Mengatur pola makan dengan diet seimbang juga bisa menjadi pertimbangan.

Berolah Raga Secara Teratur

Tips sehat berikutnya adalah anjuran untuk bisa berolah raga secara teratur. Olah raga adalah olah fisik yang dapat dilakukan dengan berbagai macam bentuk gerakan dan alat. Saat ini banyak tersedia alat-alat olah raga praktis yang dapat membantu kita beraktifitas olah raga yang nyaman.
Namun dari beberapa hasil penelitian di dalam dan luar negeri tentang kesehatan, kita ketahui bahwa olah raga yang paling efektif, ringan dan tidak beresiko perlu menjadi pilihan. Karena itu sebaiknya memilih olah raga yang  tidak membutuhkan alat dan dapat dilakukan semua umur yaitu  jalan sehat. Jalan sehat tergolong olah raga yang sangat efektif dan efisien.
Kegiatan ini bisa kita lakukan bersama keluarga saat pagi hari sebelum beraktifitas rutin. Olah raga berjalan pagi hari sangat dianjurkan saat udara pagi masih segar karena asap kendaraan bermotor tidak banyak . Olah raga berjalan tidak perlu jauh dari rumah,kita bisa melakukannya dengan berputar mengelilingi komplek rumah  kita.

Berperilaku Positif

Tips sehat ketiga adalah berperilaku positif. Berperilaku positif inti sebenarnya adalah bertingkah laku dalam pergaulan ditengah masyarakat  sesuai dengan nilai-nilai moral yang berlaku di masyarakat dan tidak melanggar nilai agama kita.
Misalnya saja menjaga jam tidur malam sesuai dengan batas kewajaran.Tidak keluyuran atau dugem yang biasanya bisa lupa waktu. Dugem juga berefek negatif bagi tubuh dan kehidupan sosial yang rentan akan minuman beralkohol, narkoba, bahkan sex pra nikah sampai  free sex.
Jika tidak bisa menjaga perilaku yang positif sebuah keniscayaan kita bisa hidup sehat yang berkualitas.

Berpikiran Positif

Berpikiran positif adalah bagian dari tips tips sehat yang perlu kita perhatikan juga. Karena otak manusia adalah bagian penting dan merupakan baterai yang mampu menghidupkan mesin-mesin di tubuh kita. Jika kita mampu dan mau selalu berpikiran positif maka secara otomatis mesin-mesin tubuh yang berupa organ tubuh akan bekerja dengan sempurna.
Jika  otak kita berpikir jelek akan membawa dampak malas dan dapat menghentikan aktifitas. Jika aktifitas kita tidak lancar maka terjadi ketidak seimbangan kesehatan jasmani dan rohani.