Another Templates

Ahlan wa sahlan.... selamat datang di jendela motivasi dan inspirasi semoga bermanfaat

Jumat, 11 Februari 2011

kesehatan bayi dan anak

Menjaga kesehatan bayi dan anak merupakan hal terpenting yang menjadi tugas dari orang tua. Karena bayi dan anak masih dalam masa pertumbuhan, sehingga lebih rentan terhadap serangan suatu penyakit. Mereka belum punya kekebalan diri seperti halnya orang dewasa.

Lalu bagaimana dan apa yang harus dilakukan orang tua?. Untuk menjawab masalah itu, ada beberapa tips atau cara untuk menjaga kesehatan bayi dan anak.


       1.    Jemur Bayi di Pagi Hari

Sinar matahari pagi sangat bagus untuk kesehatan, terutama bagi kesehatan bayi dan anak. Waktu yang paling bagus adalah sebelum jam delapan.
Menjemurnya  juga tidak perlu telalu lama, cukup 10 sampai 15 menit saja. Penjemuran tidak perlu tiap hari namun harus dilakukan secara kontinyu.

2.    Gunakan Botol Susu
Secara Benar
Fungsi dari botol susu sebenarnya hanya untuk meringankan tugas orang tua. Namun kadang orang tua tidak tahu bagaimana cara menggunakan botol susu secara benar.
Jika memberi susu, angkatlah kepala bayi. Bila susunya sudah habis baru ditidurkan. Karena memberi susu dengan botol dalam posisi bayi tidur, bisa menyebabkan mudah tersedak, karena susunya masuk ke paru-paru.

3.    Memandikan Bayi dan Anak dengan Air Hangat
Selama ini orang mudah percaya pada mitos, bahwa mandi dengan air yang dingin bisa membuat badan bayi dan anak menjadi lebih sehat serta tahan terhadap penyakit. Padahal fakta yang terjadi justru sebaliknya.
Memandikan bayi dan anak justru membuat makanan dalam tubuh mereka bisa cepat habis karena digunakan untuk mengatur suhu tubuhnya. Jadi, jalan terbaik untuk menjaga kesehatan bayi dan anak tetap menggunakan air hangat ketika memandikannya.

4.    Waspada Air Liur
Jangan terlalu heran melihat bayi atau anak yang suka berliur, terutama pada usia di bawah empat tahun, karena setelah umurnya bertambah air liur itu akan berhenti dengan sendirinya. Namun bila air liurnya berlebihan memang perlu diwaspadai. Kemungkinan bisa tejadi radang atau infeksi di rongga mulutnya.

5.    Perhatikan Ngompol
Adalah suatu hal yang wajar juga bila bayi dan anak masih suka ngompol, terutama pada usia di bawah dua tahun. Alat kontrol air seni bayi di bawah dua tahun berlum bisa berfungsi secara maksimal.
Bila bayi sudah menginjak usia tiga tahun ke atas namun masih buang air kecil di kasur, kemungkinan ada masalah biologis atau psikologis. Tanyakan masalah itu pada dokter.

6.    Waspadai Muntah
Hal ini sering terjadi bila terlalu banyak makanan yang masuk atau pakaian bayi terlalu ketat. Jangankan masih bayi atau anak, yang sudah dewasa saja kalau bajunya terlalu ketat rasanya juga tidak nyaman.
Perhatikan  waktu memberi makanan, jangan langsung terlalu banyak, sedikit demi sedikit saja. Selain itu posisi waktu makan kadang kala juga punya pengaruh.

7.    Jangan Terlalu Banyak Mengendong
Mungkin banyak diantara kita yang senang bila mendapat kesempatan untuk menggendong. Namun bila terlalu sering dilakukan akan berakibat tidak baik, terutama buat bayi yang sudah mulai ingin bergerak sendiri. Bila terlalu sering digendong bayi tidak dapat bergerak dengan bebas, sehingga mempengaruhi perkembangan otot-ototnya.

7 tips di atas semoga bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan bayi dan anak Anda. Selamat mencoba.