Another Templates

Ahlan wa sahlan.... selamat datang di jendela motivasi dan inspirasi semoga bermanfaat

Minggu, 30 Januari 2011

manfaat air bagi tubuh

Air berfungsi menjaga kesegaran tubuh, membantu pencernaan dan detoksifikasi. Selain itu, tahukah Anda manfaat lain dari air? Air tidak hanya untuk menghilangkan haus saja, namun juga dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit, merawat kecantikan, bahkan mengurangi berat badan.
Berikut adalah beberapa manfaatnya bagi tubuh manusia secara umum:
  • Memperbaiki Sistem Pencernaan dan Menyehatkan Jantung.
    Dengan mengkonsumsi air setiap hari, fungsi sistem pencernaan akan menjadi lebih baik sehingga tubuh akan terhindar dari masalah-masalah umum pencernaan seperti gangguan lambung (maag) maupun sembelit. 
    Ia juga diyakini berperan serta dalam membantu menyembuhkan beberapa penyakit seperti jantung, rematik, saluran napas, usus dan juga penyakit kewanitaan. Barangkali itu adalah alasan mengapa pengobatan altenatif sering memanfaatkannya.
  • Merawat Kecantikan.
    Anjuran untuk minum air putih minimal 8-10 gelas per hari bukan tanpa alasan yang jelas. Ia diserap oleh tubuh melalui sel-sel kulit sehingga dapat menghindari kekeringan kulit, menjaga kandungan kelembaban dan mencegah kulit kasar dan berkerut.
    Di samping itu, ia dapat memperbaiki jaringan kulit, membuat kuku lebih sehat dan kuat serta tak mudah retak.
  • Meningkatkan Kesuburan.
    Berdasarkan penelitian dari sebuah lembaga penelitian trombosis di Inggris, mandi dengan air dingin diyakini dapat memperlancar peredaran darah, meningkatkan produksi sel darah putih sehingga meningkatkan kekebalan tubuh terhadap serangan virus.
    Selain itu, mandi air dingin di pagi hari dapat meningkatkan produksi hormon testosteron pada pria juga hormon estrogen pada wanita, yang berarti meningkatkan kesuburan.
  • Mengobati Stroke.
    Selain digunakan untuk mengobati penyakit kulit, ia juga digunakan untuk mengobati lumpuh yang disebabkan oleh stroke sebab ia membantu memperkuat kembali ligamen dan otot serta memperlancar sistem peredaran darah dan pernapasan.
    Kandungan ion dalam air panas seperti khlor, magnesium, sulfat dan hidrogen karbonat dapat membantu pelebaran pembuluh darah dan meningkatkan sirkulasi darah. Efek panas membuat pembuluh darah melebar, meningkatkan oksigenisasi jaringan dan sirkulasi darah, sehingga dapat mengurangi kekakuan otot dan menghilangkan rasa nyeri.
  • Menciptakan Efek Relaksasi.
    Mandi di bawah shower menimbulkan efek seperti pijatan yang dapat menghilangkan rasa capai. Sejumlah ahli pengobatan alternatif menganjurkan untuk berjalan-jalan di sekitar sungai atau taman dengan banyak pancuran untuk dapat memperoleh khasiat ion negatif, yang dapat meredakan rasa sakit, menetralkan racun, serta membantu menyerap oksigen dengan lebih baik. 
    Jadi, jika Anda memilik shower di rumah, cobalah mandi dan nikmati efek relaksasi yang ditimbulkannya sebab shower juga menghasilkan ion negatif.
  • Melangsingkan Tubuh.
    Air putih berfungsi juga untuk membantu menghilangkan kotoran dan racun dalam tubuh dengan mengeluarkannya lewat urine. Bila Anda ingin menjaga kelangsingan tubuh atau bahkan menurunkan berat badan, air putih hangat yang diminum sebelum makan menjadi cara yang efektif untuk mengurangi jumlah makanan yang masuk.
  • Menjaga Metabolisme Tubuh.
    Jika jumlah cairan dalam tubuh menurun, fungsi organ tubuh juga akan menurun sehingga lebih mudah terganggu oleh bakteri dan virus. Oleh sebab itu, tubuh mempunyai mekanisme untuk menjaga keseimbangan cairan yaitu dalam bentuk rasa haus.
    Tubuh membutuhkan cairan sekitar 2 sampai 2,5 liter sehari. Jumlah ini sudah termasuk asupan cairan dari makanan berkuah, minuman lain seperti susu, teh atau kopi, serta hasil metabolisme makanan yang diambil oleh jaringan dalam tubuh. Tubuh juga menjaga keseimbangan cairan dengan mengeluarkannya dari tubuh melalui tinja, urine dan keringat.
Secara otomatis, kondisi tubuh akan menurun jika kadar cairan menurun tanpa ada usaha memenuhi kebutuhan cairan tubuh tersebut. Jika kehilangan tujuh persen cairan, secara alami tubuh akan terasa lemah dan lemas.


Para ahli menyarankan untuk minum air setidaknya satu liter lebih banyak daripada yang dibutuhkan rasa haus tubuh. Semakin banyak aktivitas yang dilakukan, semakin banyak pula cairan yang digunakan oleh tubuh. Oleh karena itu, pakar kesehatan membiasakan banyak minum air.