Another Templates

Ahlan wa sahlan.... selamat datang di jendela motivasi dan inspirasi semoga bermanfaat

Kamis, 27 Januari 2011

pebyebab penyakit asma

untuk kekasihku yang tercinta, semoga engkau lekas sembuh yaa, hanya seklumit info yang dapat aku berikan padamu. semoga ini dapat bermanfaat untukmu. tetaplah tersenyum, karna senyummu adalah surga bagi yang memandangmu.

Asma adalah salah satu penyakit yang disebabkan terserangnya saluran pernafasan pada paru-paru, sehingga akan membuat saluran nafas Anda menjadi menyempit. Karena penyempitan itulah akhirnya membuat Anda akan sangat sulit bernafas. Sejatinya, penularan penyakit Asma tidak disebabkan oleh kontak fisik secara langsung, namun Asma adalah penyakit turunan.
Ada sebuah penelitian yang dilakukan oleh Negara Amerika dan Eropa, bahwa, jika ada salah satu dari orangtua yang menderita asma, maka anaknya beresiko 3x lipat akan terserang asma. Namun jika keduanya (orangtua tersebut) yang terkena asma, bisa dipastikan anaknya akan terserang asma 6x lebih kuat dari orangtua yang menderita di salah satunya.
Apakah Penyebab Asma?
Pada umumnya penularan penyakit Asma lebih disebabkan oleh faktor debu. Kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Bandung, dll dapat memicu penduduknya untuk terkena asma 50% lebih besar dibandingkan penduduk yang tinggal di pedesaan atau di kampung-kampung. Karena debu dari pembuangan gas emisi karbon dapat membuat orang yang menghirupnya menjadi sesak, dan sangat sulit untuk bernafas. Selain itu, asap rokok juga dapat memicu timbulnya penyakit asma.
Ada pula faktor yang menyebabkan penyakit asma itu timbul, diantaranya infeksi pernafasan, olahraga yang terlalu berlebihan, uap yang terdapat dalam bahan kimia, seperti bau parfum yang menyengat, asap yang ditimbulkan dari pembakaran, dan emosi yang berlebih seperti marah, menangis, stress/tekanan jiwa, ataupun tertawa.
Ada lagi penyebab asma yang membuat kita tidak menyadarinya, yaitu terhirupnya serbuk sari dari bunga atau terhirupnya bulu-bulu hewan yang bulunya sangat mudah sekali terlepas, seperti kucing, anjing, atau kelinci. Oleh sebab itu, orang yang mempunyai penyakit asma sangat dilarang untuk memelihara hewan yang berbulu.
Gejala yang ditimbulkan oleh penderita asma diantaranya, terdapatnya keluhan batuk yang berkepanjangan, dan kerap muncul pada waktu malam dan cuaca dingin, sesak nafas yang sangat sulit diatasi, timbulnya bunyi jika sesak nafas itu timbul akibat penyempitan saluran bronki, sulitnya berbicara jika sesak nafas menyerang.
Cara Penanganan Penderita Asma
Saat ini penyakit asma belum dapat disembuhkan. Adapun obat-obatan yang disarankan oleh dokter hanya sebatas penanganan yang berupa pencegahan semata. Obat tersebut pun dapat membantu melonggarkan saluran pernafasan yang menyerang penderita asma.
Tetapi jangan khawatir, penularan penyakit asma dapat dicegah dengan cara, dimulai dengan mengenali penyakit Anda. Jika Anda sering merasakan gejala-gejala seperti : sesak nafas yang berlebih dan sulit sekali bernafas, batuk pada saat malam hari, segeralah ke dokter. Kenali pula lingkungan Anda. Apakah Anda memelihara hewan berbulu? Jika ya, putuskan untuk tidak memeliharanya lagi dan gantilah dengan memelihara hewan yang lain yang tidak berbulu, misalnya.
Apakah Anda sering sekali menghirup udara kotor? Mulai saat ini, pergilah dengan memakai masker pelindung. Apakah saat ini Anda sering pula menangis, tertawa, atau marah tanpa bisa mengontrol emosi? Mulai saat ini, bersikaplah sabar dan jangan melebih-lebihkan terhadap sesuatunya.
setiap penyakit itu datang dari hati, jika engkau sakit periksalah hatimu.